Pendakian Gunung Gede via Putri: Rute, Peta dan Medan Pendakian

Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri (Gunung Putri) dikenal sebagai jalur yang cukup berat karena medannya yang terjal dan didominasi tanjakan. Namun jalur ini merupakan jalur dengan jarak terpendek diantara tiga jalur lainnya. Apabila rata-rata waktu tempuh untuk pendakian Gunung Gede melalui jalur Cibodas adalah 10 jam, maka melalui jalur Putri ini bisa lebih cepat 2-3 jam.

Adapun lokasi jalur pendakian Gunung Gede via Putri terletak di Kp. Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Jalur ini bisa dibilang sebagai jalur yang ramah pemula karena kondisi jalur dan penanda arah yang cukup jelas. Terkait pos pendakian Gunung Gede via Putri terdapat 5 pos yaitu pos informasi, pos Legok Leunca, pos Buntut Lutung, pos Simpang Maleber, dan pos ke-5 Alun-alun Suryakencana Timur.

Jalur pendakian gunung gede via putri
Jalur pendakian gunung Gede via Putri. Foto: wia.id

Jalur ini mempunyai keunikan tersediri karena sepanjang perjalanan mendaki akan mudah ditemukan wargun alias warung gunung. Warung gunung ini biasanya berupa lapak sederhana dengan terpal atau meja kecil yang dibuat warga sekitar untuk berjualan kopi, gorengan dan makan ringan lainnya. Keberadaan wargun di sepanjang jalur pendakian Gunung Gede via Putri ini cukup membantu mempermudah para pendaki terkait kebutuhan logistik selama perjalanan mendaki.

Rute Manuju Lokasi Pendakian Gunung Gede via Putri

Lokasi jalur pendakian gunung Gede via Gunung Putri berada di daerah Cipanas, Cianjur sehingga cukup mudah diakses karena cukup berdekatan dengan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung dan wilayah Jabodetabek. Adapun terkait akses baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi rutenya hampir sama.

Rute Transportasi Gunung Gede via Putri dari Jakarta

Rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dari Jakarta dengan kendaraan umum bisa menggunakan bus jurusan Jakarta – Bandung, Bogor – Bandung yang melewati puncak turun di pertigaan Cibodas. Rute dari Terminal Cipanas ke Gunung Putri menggunakan angkot hanya sekitar 30 menit atau berjarak 7 km, menuju Pasar Cipanas, lalu ke pertigaan Cipanas, kemudian gunakan angkot kuning atau ojek dengan tujuan Gunung Putri.

Rute Transportasi Gunung Gede via Putri dari Stasiun Bogor

Sedangkan rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dari Stasiun Bogor bisa dengan naik angkot 03 turun di halte Damri. Dilanjutkan naik angkot 01 ke Pasar Ciawi, lalu naik elf berwarna putih turun di Pasar Cipanas. Selanjutnya menyebrang ke pertigaan Cipanas untuk naik angkot kuning menuju pintu masuk Gunung Putri. Waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

Rute Transportasi Gunung Gede via Putri dari Bandung

Adapun rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dari Bandung dengan kendaraan umum bisa menggunakan bus Bandung – Sukabumi menuju Terminal Rawa Bango, Cianjur. Dari terminal Cianjur dilanjutkan 2 kali naik angkutan umum menuju Pasar Cipanas. Kemudian dari Pasar Cipanas lanjut ke lokasi pendakian atau basecamp Gunung Putri dengan menumpangi angkot atau ojek.

Sebagai alternatif yang lebih fleksibel untuk menuju lokasi pendakian via Gunung Putri bisa juga menggunakan sewa jasa transportasi basecamp Putri.

Peta Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

Untuk memudahkan para pendaki dalam perjalanan mendaki via jalur Gunung Putri, pihak TNGGP melalui websitenya memberikan informasi terkait peta. Adapun peta jalur pendakian Gunung Gede via Putri tersebut disajikan dalam bentuk peta interaktif daeri Google Maps.

Peta interaktif tersebut dapat diakses di sini.

Pada peta tersebut terdapat informasi terkait ketiga jalur yang ada yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Adapun untuk jalur pendakian gunung Putri ditandai dengan warna kuning, silahkan di perhatikan jalur, keterangan dan lokasi pos-posnya.

Mengurus Simaksi Pendakian Gunung Gede via Putri

Sebelum melakukan pendakian Gunung Gede via Putri tentunya pendaki harus mempunyai izin pendakian yang biasa disebut sebagai simaksi. Informasi terkait cara memperoleh simaksi pendakian Gunung Gede Pangrango bisa membaca tulisan tentang cara booking online simaksi Gede Pangrango dan waspada calo simaksi ilegal.

Pos simaksi gunung gede via putri
Pos simaksi Gunung Gede via Putri. Foto: infogepang.com

Kemudian ketika berada di lokasi pendakian sebelum mengakses pos-pos pendakian terlebih dahulu para calon pendaki harus melakukan validasi perizinan (simaksi) di pos pemeriksaan simaksi. Selain validasi simaksi, para petugas di pos ini biasanya akan memberikan briefing singkat terkait aturan pendakian kemudian cek kelengkapan dan logistik yang dibawa pendaki.

Harap diketahui, segala bentuk barang yang berpotensi besar bisa menimbulkan sampah atau merusak ekosistem alam akan dilarang untuk dibawa. Sebisa mungkin kurangi membawa logistik yang mempunyai kemasan seperti mie instan dan minuman dalam kemasan yang sekali pakai.

Trek dan Medan Pendakian Gunung Gede via Putri

Sebagaimana sudah disinggung pada awal paragraf, mendaki Gunung Gede via jalur Putri akan melewati 5 pos yang dimulai dengan pos informasi dan pos terakhir yaitu Alun-alun Suryakencana.

Basecamp – Pos 1

Para pendaki seringkali memulai perjalanan dari Basecamp kemudian menuju pos simaksi untuk keperluan validasi perizinan dan cek kelengkapan.

Terkait basecamp, kami merupakan salah satu pengelola basecamp di jalur Putri yang lokasinya cukup dekat dengan pos simaksi (sekitar 200 meter). Basecamp kami menyediakan layanan jasa penunjang pendakian seperti penginapan, jasa porter, jasa guide, sewa alat pendakian/kemping, dan paket pendakian.

Sebagai informasi, jalur pendakian Gunung Gede via Putri sangat minim sumber air, diantara sumber air yang ada yaitu diperjalan menuju pos 1 ini. Selanjutnya tidak akan menemukan sumber mata air lagi selain di pos 5 yaitu Alun-alun Suryakencana, maka pastikan membawa persediaan air yang cukup.

Medan yang akan dilalui pada awal perjalanan menuju pos 1 ini cukup landai dengan didominasi ladang warga. Ketika mulai memasuki kawasan hutan, kuntur mulai naik dengan medan berupa tanah merah, bebatuan diantara akar pepohonan. Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 ini jaraknya hampir 2 km dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Pos 1 gunung gede via putri
Gerbang menuju pos 1 Gunung Gede via Putri. Foto: larutsenja.com

Pos 1 ini berada di ketinggian 1880 mdpl, terdapat gazebo sederhana yang bisa digunakan untuk berteduh beberapa orang. Selain itu, di sini juga biasanya ditemukan wargun yang menjual kopi, buah-buahan, gorengan, hingga nasi bungkus.

Pos 1 – Pos 2: Legok Leunca

Perjalanan menuju pos 2 Legok Leunca akan melewati medan berupa tanah merah, berbatu yang didominasi akar pepohonan dengan kontur yang mulai menanjak. Jarak tempuh dari pos 1 menuju pos 2 Legok Leunca sekitar 500 meter, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Medan menuju pos 2 gunung gede via putri
Medan menuju pos 2 Gunung Gede via Putri. Foto: Youtube

Pos 2 ini berada diketinggian 1993 mdpl dengan ciri khas seperti pos 1 yaitu adanya gazebo dan wargun disekitar area pos.

Pos 2 – Pos 3 Buntut Lutung

Menuju ke pos 3 Buntut Lutung medan yang dilalui hampir seperti ketika perjalanan meuju pos 2 yaitu barupa tanah diantara akar pepohonan dengan kontur menanjak. Jarak tempuh dari pos 2 menuju pos 3 Buntut Lutung sekitar 1 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Pos 3 gunung gede via putri
Gazebo di pos 3 Buntut Lutung. Foto: Youtube

Seperti pos-pos sebelumnya, keberadaan gazebo dan wargun merupakan penanda bahwa sudah sampai di area pos yang dituju.

Pos 3 – Pos 4 Simpang Maleber

Perjalanan menuju pos 4 Simpang Maleber ini bisa dikatakan sebagai medan terberat sepanjang pendakian Gunung Gede via Putri. Adapun medan yang dilalui berupa akar pepohonan, tak jarang harus melewati ranting dan pohon yang tumbang menghalangi jalur. Kontur medan menuju pos 4 ini didominasi tanjakan dan sangat minim bonus (medan landai).

Medan menuju pos 4 gunung gede via putri
Medan menuju pos 4 Gunung Gede via Putri. Foto: Youtube

Sebelum sampai di pos 4 akan melewati pos bayangan yang disebut dengan Lawang Saketeng di ketinggian 2490 mdpl. Karena medan cukup berat dan jarak dari pos 3 menuju pos 4 cukup jauh, maka pos bayangan ini seringkali dijadikan tempat beristirahat.

Jarak tempuh dari pos 3 menuju Pos 4 Simpang Maleber sekitar 1 km dengan waktu tempuh sektiar 2 jam. Adapun pos 4 ini berada diketinggian 2627 mdpl.

Pos 4 – Pos 5 Suryakencana Timur

Medan pendakian dari pos 4 menuju pos 5 alun-alun Suryakencana Timur masih seperti perjalanan dari pos 3 mke pos 4 yaitu didominasi tanjakan diantara akar pepohonan.

Medan landai tanda suryakencana sudah dekat
Medan landai menyusuri jalan setapak berbatu. Foto: Youtube

Ketika kontur medan sudah mulai melandai menyusuri jalan setapak bebatuan, menandakan sudah dekat dengan tujuan yaitu pos 5 Alun-alun Suryakencana bagian Timur.

Jarak tempuh dari pos 4 menuju pos 5 Alun-alun Suryakencana Timur sektiar setengah kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Menurut informasi dari plang penunjuk arah, total jarak tempuh dari lokasi pendakian Gunung Putri menuju Suryakencana adalah 6 km. Adapun waktu tempuh rata-rata untuk perjalanan dari basecamp Gunung Putri hingga sampai di Alun-alun Suryakencana adalah 7 jam.

Alun-alun suryakencana tempat kemping favorit
Alun-alun Suryakencana lokasi camp favorit. Foto: Kamil Faisal

Alun-alun Suryakencana yang berada pada ketinggian 2756 mdpl ini merupakan lokasi berkemah paling favorit karena arealnya luas (sekitar 50 hektar) dan kondisinya terbuka tidak rimbun seperti Kandang Badak. Faktor lain yang menjadikan Suryakencana lokasi untuk camp favorit yaitu keberadaan tanaman Edelweiss yang tumbuh di area tersebut.

Meskipun tidak melimpah, sumber mata air di Alun-alun Suryakencana cukup untuk sekadar kebutuhan memasak para pendaki yang camp di lokasi tesebut. Namun pada saat musim kemarau terkadang sumber air cukup terbatas sehingga diperlukan effort lebih untuk mengambil air.

Sebelum melanjutkan summit ke puncak Gede, kebanyakan pendaki akan camp dan bermalam di Alun-alun Suryakencana. Baru kemudian esoknya paginya melanjutkan pendakian ke puncak Gede untuk menyaksikan sunrise.

Pos 5 – Puncak Gede

Dari Alun-alun Suryakencana menuju puncak Gede akan melalui medan berupa ajalan setapak yang berbatu dengan kontur yang menanjak. Jarak tempuh dari Suyakencana meuju puncak Gede sekitar setengah kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Panorama puncak gede dan kawah gede
Panorama Kawah Gede dan gunung Pangrango. Foto: anon

Puncak Gede berada di ketinggian 2958 mdpl yang merupakan puncak gunung tertinggi ke-3 di Jawa Barat setelah gunung Pangrango (3019 mdpl) dan gunung Ciremai (3078 mdpl).

Panorama puncak gunung gede
Panorama gunung Pangrango dari atas puncak Gede Foto: Sandy Lazuardi

Dari atas puncak Gede ini bisa menikmati panorama kawah Gede dan gunung Pangrango yang berada disebelahnya. Keindahan alam dan puncak Gunung Gede cukup memanjakan mata, tak aneh jika gunung Gede sering disebut-sebut sebagai salah satu gunung favorit di Indonesia.

Demikianlah tulisan tentang Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri, semoga dapat menjadi referensi untuk anda yang berencana melakukan pendakian Gunung Gede.

Informasi Pendakian Gunung Gede via Putri

Sebagai salah satu pengelola basecamp di jalur Putri, kami kerap mendapatkan pertanyaan-pertanyaan terkait pendakian Gunung Gede khususnya untuk jalur putri. Kemudian untuk mempermudah para pendaki yang sedang mencari informasi terkait pendakian, kami merangkum pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam betuk FAQ. Silahkan simak daftar pertanyaan dan jawaban pada tulisan Informasi Pendakian Gunung Gede via Putri (FAQ).

4.7/5 - (4 votes)
BC GEPANG
BC GEPANG

Melayani jasa akomodasi pendakian gunung Gede Pangrango berupa penginapan, guide & porter, transport, rental perlengkapan dan paket pendakian. Informasi terkait layanan kami silahkan whatsapp 0838 2912 4177.