Cara Booking Online Pendakian Gunung Gede Pangrango

Cara Booking Online Pendakian Gunung Gede Pangrango – Gunung Gede Pangango merupakan gunung di Jawa Barat yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional yang dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan flora dan faunanya. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) pernah menduduki peringkat pertama dari sepuluh besar Taman Nasional yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2020. Banyaknya pendaki yang datang membuat pihak pengelola TNGGP menerpakan sistem booking dan SIMAKSI online sejak tahun 2010.

Sistem booking online Gede Pangrango terus dikembangkan sehingga memudahkan para pendaki yang akan melakukan pendaftaran. Dari yang admin alami, pengembangan terus dilakukan tertama dari sisi tampilan dan fitur. Di mana saat ini telah menggunakan metode verifikasi pembayaran otomatis. Jadi, setelah melakukan pembayaran kita hanya tinggal menunggu dan cek secara berkala status pendaftaran kita tanpa perlu mengisi form verifikasi manual seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berbicara tentang pendaftaran pendakian gunung Gede Pangrango, pihak TNGGP menggunakan istilah SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) sebagai syarat wajib untuk mendaki gunung Gede Pangrango. Seperti yang sudah disinggung di atas, untuk mendapatkan SIMAKSI gunung Gede Pangrango dapat dilakukan secara online. Dengan adanya simaksi online gunung Gede Pangrango ini, diharapkan para pendaki menjadi lebih leluasa saat melakukan pendaftaran karena dapat dilakukan dari mana saja.

Bagi para pendaki yang sudah terbiasa mengurus simaksi secara online mungkin hal ini tidak akan menyulitkan. Namun pendaki yang terbiasa mengurus pendaftaran untuk mendaki gunung secara offline mungkin akan membutuhkan sedikit penyesuaian dan informasi tambahan terkait cara pendaftarannya. Oleh sebab itu, pada tulisan ini akan dibahas secara lengkap terkait tutorial cara booking pendakian gunung Gede Pangrango terbaru.

Untuk mempermudah, tutorial ini akan dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu, ketentuan umum, mengakses halaman pendaftaran, menentukan tanggal pendakian, mengisi form pendaftaran, melakukan pembayaran, validasi pendaftaran dan langkah pengambilan simaksi.

Ketentuan Umum Booking Online

Ada beberapa ketentuan umum pendakian Gunung Gede Pangrango yang harus dipenuhi calon pendaki apabila ingin mengajukan pendaftaran simaksi online, yaitu:

Waktu Pendaftaran

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal tulisan ini, pendaftaran simaksi gunung Gede Pangrango dapat dilakukan secara online. Adapun ketentuannya adalah pendaftaran secara online dilakukan 2 bulan hingga 3 hari sebelum tanggal pendakian.

Jumlah Minimum Pendaki

Pengajuan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi atau Simaksi hanya dapat diproses apabila jumlah pendaki minimal 3 orang dan maksimum 10 orang dengan salah satu diantaranya sebagai ketua kelompok. Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka direkomedasikan salah satu dari kelompok pendaki harus yang sudah berpengalaman.

Jika keseluruhan pendaki adalah pemula, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa pemandu atau guide yang berpengalaman.

Harga Simaksi

Harga simaksi gunung Gede Pangrango (sudah termasuk asuransi) untuk pendakian 2 hari 1 malam, untuk setiap orang pendaki adalah sebagai berikut:

  • WNI (hari kerja): Rp 29.000,-
  • WNI (hari libur): Rp 34.000,-
  • Pelajar WNI (hari kerja): Rp 17.500,- (harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar/mahasiswa)
  • Pelajar WNI (hari libur): Rp 20.500,- (harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar/mahasiswa)
  • WNA (Hari Kerja): Rp 320.000,-
  • WNA (Hari Libur): Rp 470.000,-

Pembayaran Simaksi

Setelah mengajukan pendaftaran dan mengisi form secara online, pendaki atau yang mewakili kelompoknya diwajibkan melakukan pembayaran biaya tiket sejumlah total atau sebesar 100% di muka. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke rekening yang diinformasikan pada tahap akhir proses pendaftaran.

Pembayaran yang sudah dilakukan ke rekening terkait tidak dapat dikembalikan (refund) dengan alasan apapun dan akan disetor ke Kas Negara.

Proses Validasi Pendaftaran

Proses validasi data calon pendaki membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja. Harap bersabar menunggu prosesnya dan cek statusnya secara berkala dengan cara login menggunakan sandi yang diberikan.

Simpan baik-baik sandi pendaftaran karena jika kehilangan sandi tersebut maka tidak akan dapat mengakses akun dan data pendaftaran. Pihak TNGGP tidak bertanggung jawab atas hilangnya sandi booking calon pendaki dan dianggap telah membatalkan pendakian. Biaya yang sudah di transferkan tidak bisa diminta kembali.

Kriteria Calon Pendaki

TNGGP menerapkan beberapa ketentuan untuk kalangan calon pendaki tertentu yang akan mendaki gunung Gede Pangrango. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

Pendaki Di Bawah Umur

Calon pendaki yang usianya di bawah 5 tahun menjadi tanggung jawab orang tua/wali dan tidak mendapat asuransi jiwa. Adapun calon pendaki yang berusia dibawah 17 tahun wajib melampirkan Surat Izin Orang Tua/Wali disertai Fotocopy Identitas Oang Tua/Wali yang masih berlaku.

Pendaki Berkebutuhan Khusus

Calon pendaki yang berkebutuhan khusus (penyandang Disabilitas) dan/atau berusia lanjut wajib didampingi pemandu atau guide yang berpengalaman.

Pendaki Warga Negara Asing

Warga Negara Asing (WNA) wajib melakukan pendaftaran pendakian langsung di Kantor BBTNGGP, serta menggunakan jasa pemandu selama melakukan pendakian.

Penutupan Operasional Insidentil

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango akan melakukan penutupan sementara secara insidentil apabila ada prediksi cuaca dari BMKG akan terjadi cuaca ekstrim yang akan membahayakan keselamatan pengunjung.

Dalam hal terjadi penutupan tersebut, pendaki yang sudah melakukan booking online dapat melakukan penjadwalan ulang pendakian tanpa membayar lagi.

Setelah mengetahui beberapa ketentuan umum di atas selanjutnya menuju ke proses pendaftaran online yang dimulai dengan mangakses halaman pendaftaran.

Mengakses Halaman Pendaftaran

Kunjungi halaman booking online pendakian Gunung Gede Pangrango yang ada di web resmi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan alamat http://booking.gedepangrango.org/

Pada halaman tersebut akan disuguhkan syarat dan ketentuan yang harus disetujui dan dilaksanakan calon pendaki sebelum akhirnya pendaki tersebut diberikan izin untuk melakukan pendakian. Syarat dan ketentuan tersebut mencakup syarat dan ketentuan untuk mendapatkan simaksi, kewajiban yang harus dilakukan, larangan yang tidak boleh dilakukan, sanksi bagi pendaki yang melanggar serta kepatuhan terhadap protokol kesehatan (COVID-19).

Booking online pendakian gunung gede pangrango
Halaman Booking Online Gunung Gede Pangrango

Baca dan pahami baik-baik setiap poinnya, apabila bersedia dan setuju maka berikan tanda centang pada bagian bawah dari masing-masing kolomnya. Berikan tanda centang disamping tulisan “Saya sudah membaca, sudah memahami, dan saya setuju dengan persyaratan di atas.”

Setelah semua kolom syarat dan ketentuan dicentang, maka akan otomatis dibawa ke halaman berikutnya yaitu halaman untuk menentukan tanggal dan informasi ketersediaan kuotanya.

Menentukan Tanggal dan Ketersediaan Kuota

Pada halaman tersebut akan diinformasikan terkait tanggal operasional dan jumlah kuota pendakian gunung Gede Pangrango yang tersedia dari ketiga jalur pendakian yaitu Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana.

Kuota pendakian gunung gede pangrango
Tabel ketersediaan kuota pendakian

Perhatikan pada kolom Sisa Kuota Tersedia, jika ditandai dengan warna hijau atau biru berarti masih ada kuota tersedia untuk pendakian pada tanggal tersebut. Namun apabila diberi tanda warna merah maka kuota pada tanggal tersebut sudah penuh atau tutup (tidak menerima pendakian). Sebagai informasi, selama masa pandemi kuota pendakian dari ketiga jalur dibatasi maksimal 300 pendaki per harinya.

Keterangan tabel:

  • Hari, Tanggal merupakan hari dan tanggal untuk melakukan pendakian. Warna merah menunjukan hari libur (weekend) sedangkan warna hitam menunjukan hari kerja (weekday). Pendakian pada weekday dan weekend mempunyai tarif yang berbeda.
  • Sisa Kuota yang Tersedia merupakan jumlah sisa kuota yang masih tersedia pada tanggal tersebut. Misal pada hari Jum’at 3/9/2021 masih tersedia kuota untuk 270 pendaki. Warna hijau atau biru menandakan kuota masih tersedia sedangkan warna merah menandakan kuota sudah tidak tersedia (penuh) atau pendakian hari tersebut ditutup.
  • Jumlah Pendaki Yang Sudah Mendaftar merupakan jumlah sebaran pendaki yang sudah mendaftar pada ketiga jalur yang tersedia.

Untuk mendaftar, klik tombol hijau atau biru menuju halaman selanjutnya untuk mengisi form pendaftaran dan informasi pendaki.

Mengisi Form Pendaftaran

Pada halaman ini akan diberikan form yang harus dilengkapi mencakup gunung tujuan pendakian, pintu masuk, pintu keluar, serta informasi opsional seperti nama organisasi dan alamat.

Pendaftaran data pendaki gunung gede pangrango
Form pendaftaran dan informasi pendaki

Data-data yang harus dilengkapi yaitu:

Tujuan: Gunung Gede/Pangrango, Gunung Gede, Gunung Pangrango

Tanggal Masuk: Sesuai yang dipilih pada halaman sebelumnya

Tanggal Keluar: Pilih yang tersedia

Pintu Masuk: Pilih diantara Cibodas, Gn. Putri dan Selabintana

Pintu Keluar: Pilih diantara Cibodas, Gn. Putri dan Selabintana

Organisasi: opsional

Alamat: opsional

Telpon: opsional

Selanjutnya mengisi form data pendaki yang terdiri dari satu orang ketua kelompok dan anggota kelompok. Jumlah minimal pendaki adalah tiga orang dengan satu orang ketua kelompok dan dua orang anggota.

Bagi pendaki yang sudah mempunyai nomor anggota bisa langsung masukkan pada kolom yang tersedia. Namun bagi belum mempunyai nomor anggota yang terdaftar di database website TNGGP maka harus melakukan pendaftaran dengan klik Belum punya ? Kemudian lengkapi form yang diminta lalu pilih tanda pengenal yang akan digunakan untuk proses validasi kemudian upload fotonya.

Setelah data pendaki dilengkapi selanjutnya klik Simpan, kemudian akan mendapatkan nomor anggota.

Simaksi online gede pangrango
Pendaftaran sukses dan mendapatkan nomor anggota

Ulangi langkah di atas untuk anggota pendaki hingga mencapai minimum kelompok pendaki. Apabila semua data pendaki sudah terdaftar klik Simpan untuk selanjutnya menuju proses pembayaran.

Melakukan Pembayaran

Halaman ini akan meberikan informasi terkait rincian biaya dan total yang harus dibayar, rekening tujuan pembayaran, detail informasi pendakian dan paling penting yaitu sandi untuk mengakses data/halaman tersebut nantinya.

Harga simaksi gede pangrango
Halaman pembayaran booking pendakian Gede Pangrango

Pada contoh pendaftaran yang saya lakukan detainya sebagai berikut:

Berikut ini informasi yang terkait dengan pendaftaran anda. Harap dipelajari dengan seksama, untuk menghindari kesalahpahaman yang berakibat dibatalkannya pendaftaran anda:

1. Kelompok anda berjumlah 3 orang, ketua kelompok Sdr. Kesatria Gepang dengan anggota Sdri. Mira Lestari, dan Sdr. Pujangga Gepang.

2. Tujuan pendakian adalah Gunung Gede dan akan berada di kawasan tersebut selama 2 hari 1 malam, kelompok anda akan masuk dari pintu Gunung Putri pada tanggal 06 September 2021, dan keluar dari pintu Gunung Putri pada tanggal 07 September 2021.

3. Tabel rincian biaya dengan total yang harus dibayar sebesar Rp.87.000,-

4. Tabel nomor rekening tujuan pembayaran yang pada saat itu merupakan rekening virtual dari Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bagi yang belum mengetahui cara melakukan pembayaran, link tutorialnya disertakan di bagian bawah tabel.

Satu hal yang harus diingat bahwa batas waktu melakukan pembayaran adalah 2 jam dari sejak menerima rincian pembayaran. Apabila tidak melakukan pembayaran dalam 2 jam maka pendaftaran akan dibatalkan secara otomatis.

Kita bisa melakukan perubahan data seperti tujuan, pintu masuk/keluar, data pendaki, mengurangi jumlah pendaki (minimal 3 orang) dan lainnya dengan syarat belum melakukan pembayaran. Jadi pastikan untuk cek ulang semua detail pendaftaran sebelum melakukan pembayaran, sehingga jika ditemukan kesalahan bisa melakukan edit data.

Apabila semua sudah ok, pastikan untuk mengingat atau mencatat sandi yang diinformasikan di awal kemudian klik Selesai. Segera lakukan pembayaran sebelum batas waktunya habis.

Validasi Pendaftaran

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya di mana kita diharuskan melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengisi form setelah pembayaran dilakukan, saat ini sistemnya sudah otomatis. Setelah melakukan pembayaran maka sistem akan secara otomatis memverifkasi pembayaran kita untuk selanjutnya menvalidasi pendaftaran yang kita ajukan.

Untuk cek status pendaftaran apakah sudah tervalidasi atau masih pending caranya dengan membuka halaman booking sebelumnya yaitu http://booking.gedepangrango.org, lalu klik Login pada pojok kanan atas dan masukan sandi yang sebelumnya diberikan.

Apabila pembayaran sudah tervalidasi maka kita akan dapat mengunduh lembar pendaftaran (draf validasi) berupa barcode yang nantinya kita gunakan untuk mengambil simaksi. Unduh berkas tersebut kemudian print sebagai pegangan untuk dibawa ke pos pendaftaran ulang.

Untuk memperlancar proses pendaftaran ulang di pos pendakian, selain membawa draf validasi lengkapi berkas dengan surat pernyataan pendaki dan surat izin orang tua bagi pendaki yang berusia di bawah 17 tahun. Berkas-berkas tersebut dapat diunduh di halaman pendaftaran seperti tampak pada gambar di bawah.

Tutorial daftar pendakian gede pangrango
Download berkas tambahan

Adapun berkas SOP Pemeriksaan diperlukan jika kita melakukan pemeriksaan kesehatan dari klinik di luar TNGGP. Sedangkan jika melakukan pemeriksaan di klinik di lingkungan TNGGP maka berkas ini opsional saja.

Pengambilan Simaksi

Setelah pendaftaran divalidasi dan berkas yang diperlukan sudah siap beserta tanda pengenal (KTP/SIM/Passport), selanjutnya datang ke lokasi pendakian lalu datangi pos pengambilan simaksi.

Pengambilan simaksi dilakukan pada jam operasional yaitu:

  • Senin – Jum’at Pukul 07:00 WIB – 16:00 WIB
  • Sabtu – Minggu Pukul 06:00 WIB – 15:00 WIB

Adapun lokasi pengambilan simkasi berada di:

  • Pintu masuk Cibodas di Kantor Balai Besar TNGGP
  • Pintu masuk Gunung Putri di Kantor Resort Gunung Putri
  • Pintu masuk Selabintana di Kantor Resort Selabintana

Syarat pengambilan simaksi yaitu:

  • Menyerahkan lembar pendaftaran pendakian Gunung Gede Pangrango (draft validasi)
  • Menyerahkan Surat Pernyataan Standar Pendakian
  • Menyerahkan Surat Pernyataan Orang Tua/Wali untuk pendaki yang berusia di bawah 17 tahun

Setiap calon pendaki wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari H pendakian (sesuai dengan tanggal pendakian). Dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari fasilitas layanan kesehatan resmi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (S.O.P) Pemeriksaan Kesehatan Pendakian di TNGGP.

Basecamp dan Akomodasi

Mendaki gunung bukanlah perkara mudah, jika tidak mempunyai kesiapan fisik dan mental yang prima maka bisa saja membahayakan diri pendaki. Untuk itu, pastikan kondisi fisik dan mental senantiasa dalam keadaan terbaik sebelum memutuskan untuk memulai pendakian.

Para pendaki yang datang dari berbagai penjuru Indonesia tentunya melalui perjalanan yang panjang sebelum akhirnya sampai ke lokasi pendakian. Bagi para pendaki yang membutuhkan tempat beristirahat sebelum maupun sesudah pendakian bisa singgah ke basecamp kami. Basecamp kami bisa dijadikan sebagai lokasi mepo (meeting point), maupun sebagai tempat beristirahat sementara untuk proses recovery sebelum dan sesudah mendaki.

Selain menyediakan basecamp, kami juga menyediakan beberapa layanan lain untuk menunjang pendakian yaitu:

Penginapan/ Homestay/ Cottage

Bagi pendaki yang datang dari lokasi yang cukup jauh dan membutuhkan tempat untuk beristirahat dengan lebih nyaman daripada basecamp, kami menyediakan sewa penginapan (homestay). Tersedia juga penginapan berupa cottage bagi yang membutuhkan privasi lebih dengan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dapur dan kolam renang.

Jasa Guide & Porter

Kamu seorang Pendaki pemula atau Pertama kali ke Gede Pangrango dan membutuhkan pemandu? Kami menyediakan jasa Guide berpengalaman untuk memandu perjalanan mendaki kamu. Selain itu, tidak perlu takut kelelahan karena terlalu banyak membawa perlengkapan, tim Porter kami juga membantu. Kamu bisa lebih fokus pada pendakian, menikmati suasana pegunungan sambil mengabadikan momen-momen indah di gadgetmu.

Rental Alat Outdoor

Berencana mendaki Gede Pangrango tetapi tidak mempunyai perlengkapan yang mumpuni atau malas membawa perlengkapan dari tempat tinggal? Tenang, kami menyewakan perlengkapan outdoor penunjang pendakian seperti: macam-macam tenda, sleeping bag, alat masak, alat makan dan outfit pendakian.

Transportasi

Melayani transportasi antar jemput untuk area Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat menuju basecamp pendakian.

Paket Pendakian

Tersedia juga paket kemping dan paket pendakian yang termasuk tiket/simaksi, tenda, perlengkapan masak, perlengkapan makan, sleeping bag, guide & porter dan lainnya.

GRATIS Konsultasi

Punya pertanyaan atau ingin konsultasi terkait pendakian Gunung Gede Pangrango? Mencari tahu berita terbaru seputar operasional Gede Pangrango dan kondisi terkini di lokasi pendakian? Silahkan kontak kami melalui whatsapp di 0838-2912-4177.

Selamat Mendaki!

Demikianlah tutorial cara booking online pendakian gunung Gede Pangrango semoga bermanfaat. Apabila ada masalah atau pertanyaan terkait pendaftaran bisa menghubungi official TNGGP melalui kontak yang tersedia. Pertanyaan juga bisa dituliskan pada kolom komentar di bawah, untuk sarana sama-sama belajar, berdiskusi dan berbagi informasi.

Selamat mendaki, pastikan untuk selalu mematuhi setiap aturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak TNGGP. Safety first dan jaga kelestarian alam kita!

5/5 - (5 votes)
BC GEPANG
BC GEPANG

Melayani jasa akomodasi pendakian gunung Gede Pangrango berupa penginapan, guide & porter, transport, rental perlengkapan dan paket pendakian. Informasi terkait layanan kami silahkan whatsapp 0838 2912 4177.