3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango, Ini Paling Favorit!

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango dapat diakses dengan mudah karena lokasinya cukup strategis. Secara administratif, gunung Gede Pangrango termasuk dalam wilayah tiga Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu wisata pegunungan yang banyak diminati oleh para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Objek wisata yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini pernah dinobatkan sebagai taman nasional dengan jumlah kunjungan terbanyak pada tahun 2020.

Salah satu daya tarik Gede Pangrango karena adanya Alun-Alun Suryakencana yaitu area yang sering disebut sebagai rumahnya Edelweiss. Hamparan dataran tinggi yang luas dihiasi rumpun Edelweiss menjadikan Surya Kencana tempat yang ideal untuk berkemah.

Jalur pendakian gunung gede pangrango
Sekelompok pendaki di Suryakencana. (Foto: Fadli Doang)

Jika kamu berencana melakukan pendakian gunung Gede Pangrango, maka penting untuk mengetahui informasi-informasi terkini. Mulai dari operasional, cara booking, jalur pendakian dan akomodasi pendukung seperti basecamp, penginapan, transportasi dll.

Terkait operasional, kuota pendakian, syarat dan ketentuan semua detailnya akan diinformasikan pada saat porses pendaftaran yang bisa dilakukan secara online. Adapun untuk cara pendaftaran bisa diakses melalui situs gedepangrango.org. Jika sudah lengkap, selanjutnya cari tahu dan pilih jalur pendakian gunung Gede Pangrango.

Ada tiga jalur pendakian Gunung Gede Pangrango sebagai akses utama menuju puncak yaitu via Selabintana, via Cibodas dan via gunung Putri. Ketiga jalur pendakian tersebut merupakan jalur resmi karena dikelola oleh pihak TNGGP. Adapun akses lain selain ketiga jalur tesebut maka dapat dikategorikan sebagai jalur ilegal.

Dengan alasan keamanan dan meminimalisir kendala saat pendakian, pastikan untuk melakukan pendakian melalui jalur resmi. Berikut rangkuman informasi terkait ketiga jalur tersebut:

Gunung Gede Pangrango via Cibodas

Awal perjalanan jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas akan melalui jalan setapak yang berbatu dan hutan tropis yang lebat akan menjadi pemandangan disekelilingnya.

Pemandangan alam yang eksotis dan indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki yang memilih jalur ini. Mulai dari Telaga Biru, Rawa Gayonggong, hingga air terjun Panca Weuleuh, semua akan tersaji ketika kamu melewati Pos Kandang Batu. Estimasi waktu perjalanan hingga menuju puncak sekitar 7-10 jam.

Pendakian gunung gede jalur cibodas
Jalur pendakian via Cibodas. (Foto: Faozi)

Rincian lengkap estimasi waktu pendakian Gede Pangrango via Cibodas:

TrekEstimasi Waktu
Basecamp – Tarentong15 menit
Tarentong – Telaga Biru20 menit
Telaga Biru – Rawa Panyangcangan20 menit
Rawa Panyangcangan – Rawa Denok10 menit
Rawa Denok – Pemandangan10 menit
Pemandangan – Air Panas50 menit
Air Panas – Kandang Batu55 menit
Kandang Batu – Panca Weuleuh10 menit
Panca Weuleuh – Kandang Badak60 menit
Kandang Badak – Puncak130 menit

Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Putri merupakan jalur dengan waktu tempuh terpendek di antara dua jalur lainnya. Perlajalanan diawali dengan melintasi pemukiman dan ladang milik warga setempat. Kemudian melewati medan yang cukup terjal dan cukup curam dengan pemandangan sekeliling berupa hutan tropis.

Pendakian gunung gede jalur putri
Jalur pendakian via Gn. Putri. (Foto: David Son)

Estimasi lama waktu pendakian hingga mencapai puncak sekitar 6-8 jam. Waktu tempuh terpendek menjadikan jalur paling efisien untuk menikmati panorama Alun-Alun Surya Kencana dan puncak Gede Pangrango.

Rincian lengkap estimasi waktu pendakian Gede Pangrango via Putri:

TrekEstimasi Waktu
Basecamp – Legok Leunca60 menit
Legok Leunca – Buntut Lutung90 menit
Buntut Lutung – Lawang Sekateng90 menit
Lawang Sekateng – Simpang Maleber80 menit
Simpang Maleber – Surya Kencana60 menit
Surya Kencana – Puncak30 menit

Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Selabintana masuk dari Sukabumi merupakan jalur dengan waktu tempuh terpanjang. Bagi kamu pendaki pemula tidak direkomendasikan memilih jalur Selabintana karena medan paling berat diantara dua jalur lainnya. Estimasi waktu penjalanan 9-12 jam dengan mengarungi sungai dan hutan.

Sepanjang jalur akan banyak ditemui hewan bernama pacet sejenis lintah, melewati jalur ini harus siap badanmu dipenuhi hewan ini menempel di kulit dan menghisap darah.

Pendakian gunung gede jalur selabintana
Jalur lebat dan rimbun Selabintana. (Foto: Youtube)

Bagi kamu yang menyukai tantangan maka jalur ini layak dicoba, tapi untuk pemula lebih baik pilih jalur yang lain dulu ya.

Rincian lengkap estimasi waktu pendakian Gede Pangrango via Selabintana:

TrekEstimasi Waktu
Basecamp – Citingar40 menit
Citingar – Cegeber240 menit
Cigeber – Cileutik360 menit
Cileutik – Pertigaan50 menit
Pertigaan – Surya Kencana20 menit
Surya Kencana – Puncak50 menit

Demikianlah informasi terkait tiga Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango sebagai akses utama pendakian. Semoga bermanfaat buat kamu yang akan melakukan pendakian gunung Gede Pangrango. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, pastikan selalu utamakan keselamatan dan taati setiap aturan yang diberlakukan oleh pengelola TNGGP.

Peta Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Peta Interaktif ini bertujuan untuk memudahkan pendaki/ wisatawan dalam melakukan aktivitas wisata di dalam kawasan Taman Nasional. Warna jalur pendakian Cibodas adalah Hijau, Gunung Putri adalah Kuning dan Selabintana adalah Merah. Adapun cara penggunaan peta ini sebagai berikut:

  1. Tampilan peta awal adalah dalam bentuk 3D, namun jika ingin dikombinasikan dengan gambar satelite silahkan klik tombol SAT pada kanan atas peta, sedangkan tombol PETA untuk menampilkan jalan dan sungai.
  2. Untuk memperbesar gambar agar terlihat ketinggiannya klik + dan memperkecil – .
  3. Untuk mengetahui keterangan gambar silahkan klik simbol dan jalur pendakian.
  4. Jika ingin melihat peta Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang lebih besar silahkan Klik link di bawah.

Peta interaktif jalur pendakian Gede Pangrango dapat dilihat pada LINK ini.

Jalur Favorit Pendakian Gede Pangrango

Dari ketiga jalur pendakian Gunung Gede Pangrango yang ada, masing-masing punya peminatnya sendiri. Namun jika harus berbicara tentang jalur pendakian Gede Pangrango paling favorit tentunya harus ada indikator untuk menjadi variabelnya.. hilih. hehe. 😀

Maksud jalur favorit di sini yaitu jalur yang paling banyak dipilih para pendaki. Untuk mengetahuinya, mimin ngambil data dari informasi kuota online di situs resmi TNGGP yaitu booking.gedepangrango.org. Berdasarkan hasil pengamatan dan kepo-kepo mimin dari media publikasi TNGGP, jalur yang selalu ramai peminat yaitu jalur Putri dan jalur Cibodas. Jalur Putri seringkali terbanyak kemudian jalur Cibodas, walaupun terkadang bedanya cukup tipis. Adapun jalur Selabintana selalu sepi peminat, kalaupun ada pendaki yang lewat sini, biasanya limpahan ketika jalur Putri dan Cibodas sudah full booked.

Sebagai informasi, mimin pernah bertanya ke beberapa pendaki tentang kenapa memilih jalur pendakian Gunung Gede via Putri padahal dari sisi objek wisata alam, jalur Cibodas lebih bervariasi. Jawaban mereka rata-rata karena jarak tempuh yang cukup pendek dan ketersediaan basecamp serta layanan akomodasi pendakian yang lebih mumpuni dan bervariasi.

Adapun mereka yang memilih jalur Cibodas kebanyakan karena tertarik dengan lokasi-lokasi wisata yang lebih bervariasi seperti Telaga Biru, Air Terjun dan Air Panas. Selain itu, trek dan medannya bisa dikatakan tidak seterjal jalur gunung Putri, so lebih ringan meski jarak tempuh sedikit lebih jauh.

Selain memilih jalur yang sama untuk naik dan turun Gunung, cukup banyak juga pendaki yang melakukan lintas jalur. Yaitu naik dan turun melalui jalur yang berbeda seperti naik lewat jalur Gunung Putri kemudian turun melalui jalur Cibodas.

Basecamp dan Layanan Akomodasi Pendakian

Bagi para pendaki yang membutuhkan layanan jasa penunjang kegiatan pendakian seperti sewa penginapan, sewa transport, jasa porter bisa menggunakan jasa dari kami.

Adapun jasa dan layanan yang tersedia yaitu:

Penginapan/ Homestay/ Cottage

Tiga jenis penginapan dengan dengan konsep barak (berbaur), homestay di rumah penduduk yang semi private dan konsep cottage yang private layaknya sebuah vila.

Jasa Guide & Porter

Tersedia jasa Guide untuk memandu perjalanan mendaki dan jasa porter untuk membantu membawakan peralatan dan logistik pendakian. Kamu bisa lebih fokus menikmati suasana pegunungan sambil mengabadikan momen-momen indah di gadgetmu.

Rental Alat Outdoor

Tersedia rental peralatan outdoor penunjang pendakian seperti: macam-macam tenda, sleeping bag, alat masak, alat makan dan outfit pendakian.

Transportasi

Melayani transportasi antar jemput untuk area Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat menuju basecamp pendakian.

Paket Pendakian

Paket pendakian yang termasuk tiket/simaksi, tenda, perlengkapan masak, perlengkapan makan, sleeping bag, guide & porter dan lainnya.

GRATIS Konsultasi

Punya pertanyaan atau ingin konsultasi terkait pendakian Gunung Gede Pangrango? Mencari tahu berita terbaru seputar operasional Gede Pangrango dan kondisi terkini di lokasi pendakian? Silahkan kontak kami melalui whatsapp di 0838-2912-4177.

Informasi selengkapnya terkait jasa dan layanan.

5/5 - (1 vote)
BC GEPANG
BC GEPANG

Melayani jasa akomodasi pendakian gunung Gede Pangrango berupa penginapan, guide & porter, transport, rental perlengkapan dan paket pendakian. Informasi terkait layanan kami silahkan whatsapp 0838 2912 4177.