Basecamp Gunung Gede via Putri Gede Pangrango

Basecamp Gunung Gede via Putri – Bagi anak gunung yang sudah sering melakukan pendakian mungkin tak asing dengan istilah basecamp. Sebagian pendaki menyebutnya dengan istilah barak. Di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango sendiri terdapat beberapa basecamp yang bisa digunakan pendaki untuk berbagai keperluan. Khususnya di jalur pendakian Gunung Gede via Putri, terdapat beberapa basecamp yang dapat disinggahi para pendaki baik sebelum maupun sesudah melakukan pendakian.

Sebagian besar lokasi basecamp Gunung Gede via Putri terletak di wilayah Dusun Gunung Putri yang cukup berdekatan dengan pos pengecekan simaksi. Hal tersebut memberikan keuntungan tersediri, salah satunya lebih efisien waktu dan tenaga ketika harus berurusan dengan pos simkasi sebelum hari pendakian.

Basecamp gunung gede via putri
Kelompok pendaki di jalur pendakian Gunung Gede via Putri. (Foto: Utang Rasa)

Pada tulisan kali ini akan membahas salah satu basecamp di jalur pendakian Gunung Gede via Putri dan layanan yang disediakan. Namun sebelum ke pembahasan tersebut, pernahkan bertanya apa itu basecamp dan fungsinya bagi pendaki? Oke, untuk sekadar menambah pengetahuan umum tulisan ini akan kita awali dengan ulasan singkat terkait pengertian dan fungsi basecamp bagi pendaki.

Apa Itu Basecamp?

Basecamp berasal dari dua kata yaitu base dan camp, base yang artinya menyandarkan atau mendasarkan, sedangkan camp adalah kemah. Jadi dapat disimpulkan bahwa basecamp yang sebenarnya adalah berasal dari kelompok yang berkumpul dan sedang berkemah.

Dikalangan milenial, istilah basecamp sering digunakan untuk menyebut tempat berkumpul bareng atau tempat nongkrong dalam suatu kelompok. Tempat basecamp beraneka macam dari mulai cafe, restoran, warung, pos kampling hingga rumah kosong juga banyak digunakan sebagai basecamp.

Adapun menurut dictionary.com definisi basecamp adalah perkemahan utama yang menyediakan perbekalan, tempat berteduh, dan komunikasi untuk orang-orang yang terlibat dalam berbagai aktivitas, seperti penjelajahan, pengintaian, perburuan, atau pendakian gunung.

Dari beberapa definisi di atas, basecamp dapat diartikan sebagai tempat nongkrong atau tempat berkumpul suatu kelompok. Selain itu juga dapat diartikan sebagai tempat berkumpul sekelompok orang yang akan melakukan aktifitas seperti pendakian gunung.

Apa Fungsi Basecamp Bagi Pendaki?

Setelah mengetahui berbagai definisi basecamp, pertanyaan selanjutnya apa fungsi dan manfaat basecamp bagi seorang pendaki? Menurut mimin setidaknya ada 5 fungsi dan manfaat basecamp bagi pendaki yaitu:

Tempat Berkumpul

Sesuai dengan salah satu definisi dari basecamp itu sendiri, basecamp berfungsi sebagai tempat berkumpul kelompok pendaki. Pada kondisi sekelompok pendaki berasal dari berbagai tempat yang berbeda, biasanya akan membutuhkan tempat untuk bertemu dan berkumpul yang sering disebut dengan istilah Mepo atau Meeting Point.

Keberadaan basecamp di lokasi pendakian serigkali dijadikan sebagai tempat favorit untuk mepo. Dibandingan melakukan mepo di tempat umum seperti terminal, mepo di basecamp terdapat beberapa keuntungan bagi pendaki. Sembari menunggu anggota kelompok lain tiba, pendaki bisa menggali informasi dari warga sekitar lokasi pendakian terutama pengelola basecamp.

Informasi umum terkait pendakian memang dapat diperloleh dari internet, tetapi tak jarang penduduk sekitar memberikan infomasi penting atau terkini yang lebih valid daripada yang bisa ditemukan di media online.

Tempat Beristirahat

Tentunya sudah diketahui bahwa mendaki gunung merupakan kegiatan yang akan menguji ketahanan fisik dan mental. Maka dari itu, sebelum melakukan pendakian harus dipastikan kondisi fisik dan mental sedang dalam keadaan prima. Di sisi lain, seorang pendaki bisa datang dari berbagai pelosok dengan melalui perjalanan yang panjang dan melelahkan. Tentunya demi keamanan perlu melakukan recovery agar tubuh kembali dalam keadaan fit sebelum memulai pendakian.

Hadirnya basecamp seringkali menjadi pilihan mayoritas pendaki untuk dijadikan sebagai tempat bermalam dan beristirahat. Salah satu alasan memilih basecamp sebagai tempat beristirahat diantaranya karena harga sewanya yang murah.

Namun perlu diketahui bahwa menginap di basecamp semua tamu yang ada akan berbaur layaknya sebuah barak yang dihuni para tentara. Apabila lalu lintas pendaki sedang padat, terkadang sebuah basecamp bisa dihuni oleh puluhan bahkan ratusan orang dari beberapa kelompok pendaki.

Tempat Melakukan Persiapan

Selain sebagai tempat berkumpul dan tempat beristirahat, fungsi basecamp selanjutnya yaitu sebagai tempat untuk melakukan persiapan akhir sebelum melakukan pedakian. Persiapan memang sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pendakian terutama persiapan berupa latihan fisik. Namun tak jarang karena satu dan lain hal, seringkali ada hal penting yang luput dari perhatian dan baru diketahui ketika tiba di lokasi pendakian.

Maka di basecamp inilah biasanya para pendaki melakukan pengecekan ulang terkait segala perlengkapan atau syarat-syarat tertentu terkait kondisi terkini di lokasi yang tidak diketahui sebelumnya. Contoh kasus misalnya berangkat dari tempat tinggal hanya membawa perlengkapan standar, namun ketika sampai di lokasi pendakian ada anjuran khusus dari pihak pengelola gunung untuk membawa perlengkapan tambahan karena diprediksi cuaca tidak normal.

Rental Perlengkapan Outdoor

Salah satu syarat memperoleh simaksi untuk pendakian gunung Gede Pangrango yaitu pendaki harus membawa perlengkapan standar pendakian yang mumpuni seperti tenda, jaket dan sepatu gunung. Namun sayangnya tak sedikit pendaki yang mengabaikan anjuran tersebut dan menggunakan perlengkapan yang di bawah standar. Hal ini sering terjadi karena beberapa alasan diataranya:

  1. pendaki pemula yang belum mempunyai perlengkapan yang memadai
  2. pendaki yang malas membawa perlengkapan dari tempat tinggal

Selain menyediakan layanan menginap, pengelola basecamp seringkali menyewakan berbagai perlengapan mendaki dan berkemah. Layanan ini bisa dimanfaatkan bagi para pendaki yang mempunyai permasalahan di atas.

Tim Penyelamat

Manfaat lain basecamp yaitu terkadang pihak pengelola memberikan layanan tambahan berupa bantuan dan pertolongan terhadap tamunya apabila mengalami kendala pada saat pendakian. Ketika terjadi sesuatu yang mendesak, tamu basecamp bisa mengontak pihak basecamp untuk meminta bantuan. Kemudian pihak basecamp akan segera berkoordinasi dengan pengelola gunung agar secepatnya diupayakan pertolongan.

Jika diperlukan, pihak basecamp bisa saja menurunkan timnya untuk membantu melakukan evakuasi atas izin dari tim SAR pihak pengelola gunung.

Basecamp Gunung Gede via Putri

Selanjutnya menuju topik utama yaitu terkait basecamp Gunung Gede Pangrango khususnya di jalur pendakian via Gunung Putri. Mimin sebagai bagian dari tim pengelola salah satu basecamp akan memberikan informasi terkait jasa dan layanan dari basecamp kami.

Pendaki di jalur gunung gede via putri
Sekelompok pendaki di pos pemeriksaan simaksi. (Foto: Syarif Hidayat)

Kami merupakan salah satu pengelola basecamp di jalur pendakian Gunung Gede via Putri dengan berbagai layanan penunjang pendakian. Adapun layanan yang kami sediakan yaitu basecamp/barak, penginapan homestay, penginapan private (cottage), parkir 24 jam, rental perlengkapan outdoor, jasa pemandu pendakian (guide) dan porter, jasa transportasi ke lokasi pendakian dan paket pendakian.

Lokasi Basecamp

Lokasi Basecamp utama di jalur pendakian Gunung Gede via Putri dapat diakses melalui rute dan alamat di bawah ini:

Rute

Rute menuju basecamp Gunung Gede via Putri jika dari arah Bandung belok kiri di pertigaan Simpangraya, masuk ke Pasekon, Pasir Kampung, melewati Kantor Desa Sukatani – Pacet.

Sedangkan dari Perempatan Emas (Istana Cipanas, Kantor Pos, Pos 55 Polsek, Pasar Tradisional Cipanas). Ambil masuk jalur Barat arah Makam Pahlawan Cipanas, ambil jalur kiri masuk ke Sindangsari, lurus masuk ke Tegalsapi/Kayumanis, melewati Kantor Desa Sukatani dan masuk Gunung Putri seperti di atas.

Alamat

Alamat basecamp Gunung Gede via Putri yang kami kelola berada di:

Basecamp Putri Gede Pangrango

Kp. Gunung Putri Rt. 03 Rw. 08 No. 39

Desa Sukatani, Kec. Pacet, Cianjur

Jawa Barat, 43253

Kontak Basecamp

Kontak basecamp Gunung Gede via Putri silahkan menghubungi salah satu saluran berikut:

SMS/Telp: 0838-2912-4177

WhasApp: 0838-2912-4177

Google Maps: Basecamp Putri Gede Pangrango

Layanan

Selain menyediakan layanan basecamp pendakian, kami juga menyediakan layanan penunjang lainnya yaitu penginapan, guide & porter, rental alat, transport dan paket wisata Gede Pangrango.

Basecamp

Basecamp dengan posisi strategis tepat di pinggir jalur pendakian Gunung Gede via Putri dan lokasinya dekat dengan pos pemeriksaan simaksi. Area luas berkapasitas hingga 200 orang dengan fasilitas seperti toilet, alas tidur, cas gadget.

Basecamp ini bisa dijadikan sebagai tempat bermalam dan beristirahat terutama bagi para pendaki yang terbiasa berbaur dengan banyak kelompok pendaki lain untuk mencari kenalan atau teman diskusi.

Homestay

Penginapan berkonsep homestay di rumah-rumah warga sekitar lokasi pendakian dengan kapasitas maksimal rata-rata 10 orang (1-2 kelompok pendaki). Cocok untuk kelompok pendaki yang menginginkan ketenangan untuk beristirahat dan privasi lebih dari pada basecamp.

Adapun fasilitas yang tersedia berupa ruangan tidak terlalu luas, lebih private dan tenang dari pada basecamp, ruangan khusus terpisah dari penghuni rumah, alas tidur, selimut, gratis cas gadget, toilet/kamar mandi.

Cottage

Penginapan dengan konsep cottage yang berdiri diantara perkebunan dengan pemandangan yang indah dan sejuk. Lokasi tidak terlalu berdekatan dengan pemukiman warga, basecamp dan jalur besar yang dilewati pendaki sehinga suasananya tenang dan sunyi.

Kapasitas maksimal 5 orang dengan fasilitas ruang tamu, 1 kamar tidur + kasur, dapur + alat masak, kamar mandi, mini pool (kolam renang kecil), layanan pesan antar makanan, tenang dan nyaman.

Parkir Kendaraan

Datang dengan kendaraan pribadi? Tersedia lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Anda fokus mendaki, kendaraan titipkan ke kami saja untuk dijagain 24 jam. Lokasi berada di pinggir jalan akses utama jalur Gunung Putri dan berdekatan dengan basecamp.

Guide & Porter

Pada salah satu poin syarat dan ketentuan pengurusan simaksi, pendaki dengan kriteria pemula disarankan menggunakan jasa pemandu (guide) pendakian. Adapun bagi pendaki berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas), berusia lanjut dan warga negara asing (WNA) diwajibkan untuk menggunakan jasa pemdandu (guide) pendakian.

Bagi calon pendaki yang termasuk pada salah satu kriteria di atas atau membutuhkan jasa pemandu pendakian, tim guide kami siap membantu. Tim kami sudah terlatih dan berpengalaman untuk memandu setiap perjalanan mendaki Gunung Gede Pangrango sehingga lebih menyenangkan dan informatif.

Perjalanan mendaki cukup jauh dan terjal, beban logistik dan perlengkapan bikin males? Tenang, tim porter kami siap membantu membawakan kebutuhan logistik. Anda fokus saja mendaki dan selfie-selfie, beban logistik biar kami yang urus.

Rental Peralatan Outdoor

Ingin muncak ke Gede Pangrango tetapi perlengkapan tidak memadai? Datang saja ke basecamp kami, tersedia berbagai macam tenda, carrier, sepatu, cooking set, kompor, matras, sleeping bag, fly sheet, hammock, trekking pole, alat penerangan, rain cover dan lain-lain.

Trasnport/ Travel

Kelompok pendaki yang berasal dari area Jabodetabek dan sekitarnya dapat menggunakan layanan antar jemput (pulang pergi) menuju basecamp. Adapun rute yang kami layani mencakup area Bogor, Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang dan sebagian wilayah Jawa Barat.

Informasi selengkapnya silahkan menuju halaman jasa transportasi gunung Gede Pangrango.

Paket Pendakian Gede Pangrango

Tersedia juga paket pendakian Gunung Gede Pangrango untuk 2 hari 1 malam dengan rincian yang termasuk pada paket seperti simaksi, asuransi pendakian, makan, tenda, sleeping bag, peralatan makan dan masak serta porter dan fasilitator.

Informasi selengkapnya terkait fasilitas, harga dan lainnya di halaman paket pendakian gunung Gede Pangrango.

Penutup

Bagi calon pendaki Gunung Gede atau Pangrango yang sedang mencari tahu informasi terkini di lokasi pendakian atau ingin berkonsultasi terkait pendakian silahkan menguhubungi kami. Tenang saja, tanya-tanya dan konsultasi GRATIS!

Demikianlah informasi terkait basecamp pendakian Gunung Gede via Gunung Putri dan layanan-layanan penunjang pendakian. Semoga menjadi referensi bagi para pendaki yang sedang mencari informasi terkait basecamp untuk pendakian Gunung Gede via Putri.

5/5 - (5 votes)
BC GEPANG
BC GEPANG

Melayani jasa akomodasi pendakian gunung Gede Pangrango berupa penginapan, guide & porter, transport, rental perlengkapan dan paket pendakian. Informasi terkait layanan kami silahkan whatsapp 0838 2912 4177.