Informasi Pendakian Gunung Gede via Putri (FAQ)

Jalur pendakian Gunung Gede via Putri merupakan jalur yang seringkali ramai bahkan selalu full booked pada saat weekend. Berdasarkan pantauan admin dari halaman booking di situs TNGGP, jalur pendakian via Putri menjadi jalur yang hampir tak pernah sepi peminat. Dari total 300 kuota pendaki harian (sebelumnya 600) yang disediakan, seringkali didominasi pendaki di jalur Gunung Putri.

Ramainya peminat jalur ini berbanding lurus dengan banyaknya calon pendaki yang mencari informasi terkait pendakian Gunung Gede khususnya jalur Putri. Kami sebagai salah satu pengelola basecamp dan penyedia jasa akomodasi pendakian sering juga menerima banyak pertanyaan perihal tersebut.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya berkenaan dengan operasional, simaksi, jalur dan biaya pendakian. Semejak masa pandemi, operasional TNGGP memang ikut terdampak dengan sering ditutupnya akses pendakian. Diberlakukannya beberapa penyesuaian seperti penerapan protokol covid-19 dan pemangkasan kuota pendaki hingga 50%.

Untuk itu, pada tulisan ini akan diulas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan atau istilah kerennya FAQ (Frequently Asked Questions) terkait jalur pendakian Gunung Gede via Putri. Adapun beberapa pertanyaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Apakah operasional Gunung Gede buka atau tutup?

Informasi terkini terkait operasional Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang mencakup pendakian Gunung Gede dan Pangrango dapat diperoleh dari kontak dan berbagai media publikasi resmi TNGGP yaitu:

  • Telpon : (0263) 2950977 (hanya hari Kerja 08:00 -16:00 WIB)
  • Whatsapp : 0263519415 (hanya chat)
  • Fanspage Facebook : @bookingtnggp
  • Instagram : @tn_pendakiangedepangrango
  • Email : booking@gedepangrango.org

Informasi terkait operasional pendakian Gunung Gede Pangrango juga dapat dilihat pada halaman pendaftaran (halaman kuota pendakian).

Apakah Gunung Gede cocok untuk pendaki Pemula?

Perlu diketahui bahwa untuk mengakses pendakian gunung Gede terdapat tiga jalur resmi yaitu jalur Gunung Putri, Cibodas dan Selabintana. Menurut admin, jika diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan medan pendakian maka urutan dari yang paling rendah yaitu:

  1. Jalur Cibodas, jalurnya tidak terlalu terjal dan banyak spot alam yang menarik. Salah satu medan yang cukup berat mungkin di Tanjakan Setan yang cukup curam.
  2. Jalur Gunung Putri, jalur ini dikenal cukup terjal dengan medan berupa akar pepohonan namun memiliki jarak tempuh terpendek diantara jalur lainnya.
  3. Jalur Selabintana, merupakan jalur terpanjang dengan jarak sekitar 12km, medan berupa hutan yang rimbun dan sering ditemukan hewan pengisap darah yang bernama pacet.

Gunung Gede dapat diakses untuk pendaki pemula dengan anjuran memilih jalur Cibodas atau Gunung Putri. Demi alasan keselamatan dan kemanan dianjurkan juga untuk menggunakan jasa pemandu (guide).

Bagaimana cara booking pendakian Gunung Gede via Putri?

Booking pendakian Gunung Gede dapat dilakukan secara online melalui website TNGGP yang beralamat di https://booking.gedepangrango.org

Bagi calon pendaki yang belum terbiasa melakukan booking simaksi pendakian secara online atau tidak mengetahui langkah-langkahnya bisa mengikuti tutorial cara booking online pendakian Gunung Gede Pangrango.

Berapa harga simaksi Gunung Gede via Putri?

Harga simaksi gunung Gede Pangrango (sudah termasuk asuransi) untuk pendakian 2 hari 1 malam, setiap orang pendaki adalah sebagai berikut:

  • WNI (hari kerja): Rp 29.000,-
  • WNI (hari libur): Rp 34.000,-
  • Pelajar WNI (hari kerja): Rp 17.500,- (harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar/mahasiswa)
  • Pelajar WNI (hari libur): Rp 20.500,- (harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar/mahasiswa)
  • WNA (Hari Kerja): Rp 320.000,-
  • WNA (Hari Libur): Rp 470.000,-

Pendaki Gede Pangrango harus mempunyai surat vaksin Covid-19?

Berdasarkan keterangan dari halaman booking di situs TNGGP, menerapkan protokol Covid-19 merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Adapun ketentuan terkait protokol covid-19 ini adalah sebagai berikut.

Setiap Calon Pendaki Wajib Mematuhi Protokol COVID – 19 yang dikeluarkan oleh pihak BBTNGGP, yaitu :

  • Wajib Membawa surat sehat;
  • Menggunakan masker;
  • Menggunakan sarung tangan (jika memungkinkan);
  • Mencuci tangan / Menggunakan Handsanitizer;
  • Menjaga jarak antar pendaki;
  • Menjaga etika batuk bersin;
  • Mengisi tenda sebesar 50% dari kapasitas tenda;
  • Menjaga jarak antar tenda;
  • Mejalankan SOP pendakian;
  • Tidak melakukan kunjungan apabila menunjukan gejala demam batuk filek.
  • Seluruh calon pendaki wajib menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi, dan memperlihatkan hasil/kartu vaksin (minimal dosis pertama).
  • Apabila belum vaksin diwajibkan membawa hasil test Antigen Covid-19 H-1 atau Test PCR H-2.

Di mana lokasi jalur pendakian Gunung Gede via Putri?

Lokasi jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Putri terletak di Kp. Gunung Putri, Dusun Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Informasi pendakian gunung gede via putri
Gapura Desa Sukatani

Aksesnya jika dari arah Bandung belok kiri di pertigaan Simpangraya, masuk ke Pasekon, Pasir Kampung, melewati Kantor Desa Sukatani-Pacet.

Update: Karena adanya banyak laporan terkait praktik pungli oleh oknum di daerah sekitar Pasir Kampung, maka dianjurkan untuk mengambil jalan alternatif menuju Basecamp Gunung Putri.

Alternatifnya, Gunung Putri Desa Sukatani ini juga bisa diakses dari Perempatan Emas (Istana Cipanas, Kantor Pos, Pos 55 Polsek, Pasar Tradisional Cipanas). Ambil masuk jalur Barat arah Makam Pahlawan Cipanas, ambil jalur kiri masuk ke Sindangsari, lurus masuk ke Tegalsapi/Kayumanis, melewati Kantor Desa Sukatani dan masuk Gunung Putri seperti di atas.

Bagaimana rute transportasi ke Gunung Gede via Putri dari Bandung?

Rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dari Bandung dengan kendaraan umum bisa menggunakan bus Bandung – Sukabumi menuju Terminal Rawa Bango, Cianjur. Dari terminal Cianjur dilanjutkan 2 kali naik angkutan umum menuju Pasar Cipanas. Kemudian dari Pasar Cipanas lanjut ke lokasi pendakian atau basecamp Gunung Putri dengan menumpangi angkot atau ojek.

RuteEstimasi Ongkos
Bandung – CianjurRp35.000
Cianjur – CipanasRp20.000
Cipanas – Gn. PutriAngkot Rp10.000, Ojek Rp25.000
*)Ongkos dan rute dapat berubah sewaktu-waktu

Jika menggunakan kendaraan pribadi rutenya kurang lebih sama yaitu, Bandung – Cianjur – Cipanas – Gunung Putri dengan jarak tempuh sekitar 100km.

Bagaimana rute transportasi ke Gunung Gede via Putri dari Jakarta?

Rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dari Jakarta dengan kendaraan umum bisa menggunakan bus jurusan Jakarta – Bandung, Bogor – Bandung yang melewati puncak turun di pertigaan Cibodas. Rute dari Terminal Cipanas ke Gunung Putri menggunakan angkot hanya sekitar 30 menit atau berjarak 7 km, menuju Pasar Cipanas, lalu ke pertigaan Cipanas, kemudian gunakan angkot kuning atau ojek dengan tujuan Gunung Putri.

RuteEstimasi Ongkos
Jakarta – CipanasRp50.000
Cipanas – Gn. PutriAngkot Rp10.000, Ojek Rp25.000
*)Ongkos dan rute dapat berubah sewaktu-waktu

Jika menggunakan kendaraan pribadi rutenya kurang lebih sama yaitu Tol Jagorawi-Tol Ciawi (jurusan puncak-Bandung) – Cibodas-Gunung Putri dengan jarak tempuh sektiar 120km.

Bagaimana rute transportasi ke Gunung Gede via Putri dari Stasiun Bogor?

Rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dari Stasiun Bogor bisa dengan naik angkot 03 turun di halte Damri. Dilanjutkan naik angkot 01 ke Pasar Ciawi, lalu naik elf berwarna putih turun di Pasar Cipanas. Selanjutnya menyebrang ke pertigaan Cipanas untuk naik angkot kuning menuju pintu masuk Gunung Putri. Waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

Bagaimana rute ke Gunung Gede via Putri naik motor?

Rute transportasi menuju jalur pendakian Gunung Gede via Putri dengan mengendarai motor pada dasarnya sama saja seperti rute menggunakan kendaraan pribadi seperti yang sudah diuraikan sebelumnya.

Adakah jasa transport menuju basecamp Putri?

Ada! Apabila berangkat bersama kelompok dengan minimal 6 orang, kami menyediakan jasa transportasi gunung Gede Pangrango. Adapun area yang kami layani mencakup wilayah Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat dengan sistem antar jemput.

Dengan menggunakan jasa transportasi dari basecamp akan mendapatkan beberapa kelebihan diantaranya waktu perjalanan lebif fleksibel, bisa beristirahat sepanjang perjalanan dan tidak perlu dibebani biaya titip kendaraan seperti membawa kendaraan sendiri.

Seberapa jauh jarak tempuh Gunung Gede via Putri?

Jarak tempuh gunung gede via putri
Plang informasi jarak tempuh meunu Suryakencana. (Foto: wia.id)

Jarak tempuh dari Gunung Putri menuju Alun-alun Suryakencana sekitar 6 km, kemudian dari Suryakencana ke Puncak Gede sekitar 1 km dengan total waktu tempuh 7-10 jam.

Adakah peta atau map jalur pendakian Gunung Gede via Putri?

Peta atau map jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrango tersedia di website TNGGP pada menu Peta > Peta Interaktif yang merupakan live map dari google maps. Selain itu peta jalur pendakian dengan informasi dan keterangan lengkap juga bisa diunduh dalam format pdf melalui link ini.

Di mana lokasi dan kontak basecamp Gunung Gede via Putri?

Di area sekitar lokasi pendakian Gunung Putri terdapat beberapa basecamp, kami merupakan salah satu pengelola basecamp gunung Gede via Putri.

Selain tempat menginap dan beristirahat, basecamp kami menyediakan layanan dan akomodasi penunjang pendakian seperti rental alat, jasa transport, jasa porter dan lain-lain.

Informasi selengkapnya terkait jasa dan layanan yang kami sediakan bisa dilihat di halaman layanan atau menghubungi kami via whatsapp di 0838-2912-4177.

Di mana tempat sewa tenda di jalur Gunung Gede via Putri?

Selain menyediakan basecamp, kami juga melayani penyewaan perlengkapan kemping dan mendaki seperti macam-macam tenda, sleeping bag, tikar, alat masak dan lain-lain. Informasi selengkapnya terkait perlengkapan yang tersedia dan harga sewa bisa menghubungi kami atau menuju halaman Rental Outdoor Gede Pangrango.

Adakah parkiran mobil di jalur Gunung Gede via Putri?

Di jalur pendakian Gunung Gede via Putri terdapat beberapa lokasi parkiran untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Di dekat area basecamp yang kami kelola juga terdapat parkiran yang cukup luas mampu menampung lebih dari 30 mobil.

Adakah jasa Guide dan Porter di Gunung Gede via Putri?

Basecamp kami mempunyai tim yang dapat membantu kebutuhan pendaki termasuk guide dan porter. Barang bawaan biar tim porter kami yang tangani, pendaki bisa lebih fokus mendaki dan mengabadikan momen selama pendakian.

Pada salah satu poin persyaratan untuk memperoleh simaksi, jika pendaki adalah seorang pemula atau berkebutuhan khusus maka demi keamanan sangat dianjurkan untuk ditemani pemandu (guide). Tim guide kami yang berpengalaman siap membantu kebutuhan navigasi pendakian. Silahkan hubungi kami atau detailnya ada di halaman jasa guide Gede Pangrango dan jasa porter Gede Pangrango.

Adakah penginapan private di Gunung Gede via Putri?

Bagi pendaki yang menginginkan tempat menginap yang lebih private dan tenang daripada basecamp/barak, tersedia alternatif penginapan yaitu homestay di pemukiman warga dan cottage. Informasi selengkapnya silahkan menuju halaman penginapan di Gunung Gede Pangrango via Putri.

Ada berapa pos di jalur Gunung Gede via Putri?

Jumlah pos di jalur pendakian Gunung Gede via Putri ada 5 pos dengan beberapa pos bayangan, yaitu:

  • Pos 1 Informasi
  • Pos 2 Legok Leunca
  • Pos 3 Buntut Lutung
  • Pos 4 Simpang Maleber
  • Pos 5 Alun-alun Suryakencana Barat

Adapun Pos bayangan diantaranya Pos Tanah Merah, Pos Lawang Saketeng dan pos-pos bayangan yang berupa warung-warung kecil.

Pos bayangan gunung gede via putri
Pos bayangan di antara pos 1 dan pos 2

Salah satu keunikan jalur Gunung Putri yaitu, perjalanan dari pos ke pos biasanya terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman seperti kopi, gorengan dan lainnya.

Adakah sumber air di jalur Gunung Gede via Putri?

Jalur pendakian Gunung Gede via Putri sangat minim sumber air. Untuk itu jika akan melakukan pendakian Gunung Gede melalui jalur Putri pastikan membawa persediaan air yang cukup. Adapun sumber mata air di jalur ini berada di area trek awal pendakian setelah tempat pembuangan sampah. Selanjutnya tidak akan ditemukan lagi sumber air selain di pos 5 yaitu di alun-alun Suryakecana.

Sumber mata air gunung gede via putri
Sumber air pada awal trek pendakian jalur gunung Putri

Adakah sumber air di Alun-alun Suryakencana?

Meskipun tidak melimpah, di areal Alun-alun Suryakencana terdapat beberapa sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satu lokasinya dari tiang penunjuk arah sekitar lokasi menuju Puncak Gede belok kanan, sumber air ada di sebelah kiri.

Sumber mata air alun-alun suryakencana
Sumber mata air di alun-alun Suryakencana

Jika akan mengambil air dari parit-parit yang ada di area Suryakencana ada baiknya menelusuri dahulu muaranya. Karena seringkali pari-parit aliran air di Suryakencana terdapat banyak sampah dan kotoran.

Estimasi waktu pendakian Gunung Gede via Putri berapa jam?

Berdasarkan informasi keterangan pada peta yang dirilis TNGGP, estimasi waktu tempuh dari lokasi pendakian menuju Puncak gede sekitar 7 jam. Namun pada kenyataannya tak sedikit pendaki yang memerlukan waktu hingga 10 jam untuk sampai di Suryakencana. Jadi, estimasi waktu tempuhnya 7-10 jam.

Berapa estimasi biaya pendakian Gunung Gede via Putri?

Rincian estimasi biaya mencakup simaksi dan akomodasi di lokasi pendakian tidak termasuk ongkos:

Barang/JasaBiayaKeterangan
SimaksiRp20.500Tergantung kategori pendaki dan hari pendakian, selengkapnya bisa cek info simaksi. Sebagai contoh pendaki adalah seorang pelajar yang mendaki pada hari libur
Cek KesehatanRp25.000
BasecampRp20.000per malam per orang
ParkirMotor Rp20.000
Mobil Rp50.000-Rp100.000
2 hari 1 malam
Makan & MinumRp10.000-Rp15.000sekali makan
*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Biaya estimasi berikut ongkos ke lokasi pendakian bisa dijumlahkan dengan yang ada pada informasi rute.

Penutup

Demikianlah berberapa pertanyaan terkait Pendakian Gunung Gede via Putri yang sering ditanyakan ke pada kami. Apabila mempunyai pertanyaan lain seputar pendakian Gunung Gede Pangrango bisa ditanyakan melalui form komentar ataupun menghubungi kami melalui halaman kontak.

Informasi yang diberikan berdasarkan kondisi terkini dan rangkuman dari berbagai sumber. Adapun informasi terkait harga, rute dan lokasi bisa saja mengalami penyesuaian atau perubahan seiring waktu.

5/5 - (3 votes)
BC GEPANG
BC GEPANG

Melayani jasa akomodasi pendakian gunung Gede Pangrango berupa penginapan, guide & porter, transport, rental perlengkapan dan paket pendakian. Informasi terkait layanan kami silahkan whatsapp 0838 2912 4177.