Sewa Jasa Guide Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede dan Pangrango merupakan salah satu gunung populer yang terletak di Jawa Barat. Karena popularitasnya tersebut membuat banyak pendaki berdatangan dari berbagai kalangan. Meskipun Gunung Gede Pangrango dikenal sebagai gunung yang ramah pemula, namun bagi mereka yang ingin mendapatkan kesan lebih dan informatif bisa menggunakan Jasa Guide Gunung Gede Pangrango.

Pihak TNGGP sebagai pengelola pun memberikan anjuran untuk menggunakan jasa pemandu gunung Gede Pangrango terutama bagi pendaki pemula, WNA dan bekebutuhan khusus. Hal tersebut tercantum pada halaman syarat dan ketentuan untuk memperoleh izin pendakian atau simaksi.

Jasa guide gunung gede pangrango
Pendakian Gunung Gede. (Foto: Catur Hady)

Sebenarnya apasih jasa guide atau pemandu gunung itu? Apa saja kemampuan atau sklill yang harus dimiliki seorang pemandu gunung? Dan berapa harga guide Gunung Gede Pangrango?

Pemandu Gunung dan Tugasnya

Pemandu gunung (guide) adalah orang pertama yang bertanggung jawab untuk memberikan edukasi sebelum pendakian dimulai. Pemandu gunung harus menguasai beberapa soft skill seperti pengetahuan hutan dan gunung yang akan dijelajahi. Kemudian safety, kesehatan untuk pemandu dan pendaki serta safety terkait area di mana perjalanan dilakukan.

Setelah itu barulah hal-hal yang berkaitan dengan teknik hidup di alam bebas atau yang disebut dengan istilah survival. Itu adalah sebagian ilmu yang wajib dimiliki oleh pemandu gunung.

Adapun sebelum pendakian dilakukan, pemandu gunung harus memastikan para pendaki dalam keadaan fit dan sehat yang bisa dibuktikan melalui keterangan dari dokter atau rumah sakit. Selain itu, juga memeriksa kelengkapan peralatan untuk penmandu maupun calon pendaki, seperti tenda yang sesuai dengan kondisi gunung.

Atas dasar keamanan dan keselamatan, maka bagi para penggiat wisata alam bebas yang masih awam dan pemula tentu sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu. Termasuk pada kegiatan pendakian gunung agar bisa memberikan arahan dan bimbingan kepada calon pendaki.

Dalam kegiatan wisata alam bebas, selain dikenal adanya seorang pemandu juga ada yang disebut sebagai porter. Kedua orang ini mempunyai tugas yang berbeda namun tak sedikit yang beranggapan bahwa seorang pemandu adalah juga seorang porter. Hal tersebut merupakan sebuah kekeliruan yang biasanya dialami para pendaki pemula.

Secara garis besar, tugas seorang pemandu adalah melakukan pendampingan dan bimbingan singkat mengenai tatacara dan teknis pendakian serta mengatur jalannya pendakian sebagai team leader. Sedangkan seorang porter sesuai dengan namanya bertugas lebih ke “port” atau penghubung untuk memindahkan barang dalam hal ini logistik pendakian.

Kemampuan (skill) Pemandu Gunung

Kemampuan yang harus dimiliki seorang pemandu gunung profesional adalah sebagai berikut:

Teknik Pemandu Umum

Teknik ini meliputi cara berkomunikasi yang baik dan pemahaman materi terkait gunung yang akan dipandu. Teknik tersebut dapat diterapkan saat melakukan pembukaan meliputi salam (greeting) dan memperkenalkan (introducing), ketika memberi materi inti kepada wisatawan pendaki dan ketika penutupan agar mampu memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan pendaki.

Character Building

Pemandu harus memiliki sikap yang ramah ketika memandu, bertanggung jawab terhadap tugasnya, mampu memimpin kelompok, jujur dan sabar ketika menghadapi wisataan pendaki.

Teknik Mountaineering

Teknik-teknik mountaineering diantaranya hill walking, scrambling, technical climbing, rock climbing dll. Dengan menguasai teknik-teknik tersebut diharapkan pemandu dapat melewati berbagai ritnangan yang mungkin akan ditemui selama perjalanan pendakian.

Pengetahuan Budaya Lokal

Pengetahuan tentang budaya lokal yang dimiliki pemandu akan memberikan nilai lebih. Pemandu dapat memberikan wawasan budaya lokal pada wisatawan pendaki serta mampu berkomunikasi baik dengan warga lokal.

Hospitality

Kemampuan hospitality yaitu keramah-tamahan dan murah hati ketika menjamu dan menghibur wisatawan pendaki yang datang untuk mendaki.

Pertolongan Pertama Gawat Darurat

Kemampuan ini sangat penting dimiliki karena banyaknya kejadian gangguan kesehatan ketika mendaki dan sangat dibutuhkan penanganan pertama yang cepat. Pemandu harus mengetahui penanganan pertama pada hipotermia, dehidrasi, lecet pada kulit, patah tulang, luka bakar, memar, pendarahan, keseleo dan penanganan henti jantung.

Navigasi Darat

Navigasi darat adalah penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta. Kemampuan ini mutlak harus dikuasai oleh pendaki, hal tersebut untuk menghindari tersesat ketika memandu.

Survival Dasar

Dengan dibekali kemampuan ini, ketika tim pendaki menghadapi masalah yang beresiko maka dapat mengatasi dengan baik. Adapun kegiatan survival yang dilakukan adalah mampu membuat bivak, cara membuat api, pengenalan buah dan tanaman yang dapat dikonsumsi, cara mendapatkan air dalam kondisi darurat. Selain itu, mampu menerapkan metode S.T.O.P ketika terpisah dari rombongan yaitu berhenti dan duduk sambil memikirkan hal apa yang bisa dilakukan selanjutnya.

SAR (Search and Rescue)

Kegiatan mendaki memiliki risiko tersesat yang tinggi, maka kemampuan SAR (Search and Rescue) wajib dimiliki oleh pemandu. Kemampuan ini akan membantu untuk mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau mengahadapi bahaya. Selain itu, pengetahuan tentang komunikasi juga mutlak dibutuhkan agar setiap perkembangan operasi SAR (Search and Rescue) bisa dilaporkan kepada atasannya.

Jasa Guide Gunung Gede Pangrango

Kami merupakan pengelola basecamp gunung Gede via Putri yang menyediakan layanan jasa Guide Gunung Gede Pangrango melalui berbagai rute dan tujuan. Rute yang dilalui tergantung dari jalur yang dipilih, sebagaimana diketahui bahwa ada tiga jalur pendakian Gunung Gede Pangrango. Saat ini kami hanya melayani jasa pemandu Gunung Gede Pangrango untuk jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri.

Jasa pemandu gunung gede pangrango
Kelompok pendaki di Suryakencana. (Foto: Shania Rahmaningsih)

Adapun rute pendakian yang kami layani pada jasa pemandu Gunung Gede Pangrango yaitu: Gn Putri – Puncak Gede, Cibodas – Puncak Gede, Guide Gn Putri – Pangrango, Guide Cibodas – Pangrango dan Pemanduan untuk Puncak Gede & Pangrango sekaligus.

Anggota tim pemandu kami berasal dari warga lokal yang sudah berpengalaman dan dibekali beberapa skill dasar seorang pemandu gunung. Sehingga dapat memandu perjalanan mendaki Gunung Gede Pangrango agar lebih menyenangkan, safety dan informatif.

Biaya sewa jasa guide gunung Gede Pangrango yang kami tawarkan mulai dari 700ribu per trip yaitu untuk 2 hari 1 malam pendakian. Lebih hemat jika dibandingkan dengan penyedia jasa Guide Gunung Gede Pangrango lainnya yang menerapkan sistem tarif per hari atau per malam.

Detail selengkapnya terkait harga sewa Guide Gunung Gede Pangrango silahkan menuju halaman jasa Guide Gunung Gede Pangrango atau langsung menghubungi tim CS kami melalui whatsapp.

5/5 - (1 vote)
BC GEPANG
BC GEPANG

Melayani jasa akomodasi pendakian gunung Gede Pangrango berupa penginapan, guide & porter, transport, rental perlengkapan dan paket pendakian. Informasi terkait layanan kami silahkan whatsapp 0838 2912 4177.